Kontribusi Desa Prima Sekar Kedhaton Dalam Pencegahan Pernikahan Dini

Wawan Gunarjo 22 Mei 2024 09:40:37 WIB

KATONGAN (sida samekta) - Desa Prima Sekar Kedhaton merupakan sebuah program pemberdayaan perempuan yang dibawahi dan didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY. Kata ‘Prima’ sendiri merupakan sebuah singkatan dari Perempuan Indonesia Maju Mandiri, di mana menjadi akar semangat pemberdayaan untuk memajukan kesejahteraan perempuan. Desa Prima ini merupakan pemberdayaan perempuan yang utamanya ditujukan kepada perempuan yang termarginalkan. Pemberdayaan ini umumnya dilakukan melalui pembukaan usaha kecil baik itu makanan maupun kerajinan dan juga penguatan usaha kecil lemah.

Peningkatan keterampilan warga Katongan perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya adalah pembinaan Desa Prima di Kalurahan Katongan. Pelatihan yang dilakukan salah satunya adalah yang dilakukan hari minggu, 19 Mei 2024 dengan menghadirkan Lurah dan LPM Universitas Ahmad Dahlan sebagai pemateri. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pembinaan mengenai resiko pernikahan dini yang didalamnya dapat dilakukan sosialisasi oleh anggota desa prima. Hal itu disampaikan oleh Jumawan Lurah Katongan pada waktu membuka kegiatan. "Anggota Desa Prima nanti kalau pertemuan jangan lupa sosialisai resiko nikah dini atau kurang umur sehingga tidak terjadi di katongan dalam upaya juga untuk mencegah stunting" kata Jumawan.

Sementara itu Ketua Desa Prima Suprapti menyampaikan bahwa materi yang disampaikan sangat penting sebagai bekal para anggota dan semua masyarakat untuk memajukan ekonomi dan mencegah stunting bersama-sama. "dengan materi ini kami menjadi tahu ternyata stunting harus ditangani bersama-sama tidak hanya dari sisi gizi tetapi juga peningkatan ekonomi melalui desa prima". tutur Suprapti

Kegiatan tersebut merupakan ihtiar bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan perempuan tidak hanya sebagai ibu rumah tangga tetapi juga dapat mendapatkan penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar