Reog Turonggo Seto Hibur Pengunjung Pantai Sundak

Wawan Gunarjo 22 Mei 2024 09:25:10 WIB

KATONGAN (Sida Samekta) - Pantai di Kabupaten Gunungkidul saai ini menjadi magnet bagi wisatawan untuk dikunjungi baik wisatawan domestik maupun manca negara. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi potensi ekonomi dan kebudayaan untuk lebih diberdayakan. untuk memberdayakan potensi tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan gelar potensi wisata di Pantai Sundak Gunungkidul pada hari minggu, 19 Mei 2024. kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa kalurahan yang telah menyandang status desa wisata Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 12 desa wisata.

Kegiatan tersebut dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui informasi tentang kewisataan di Kabupaten Gunungkidul sehingga banyak yang datang mengunjungi, mengingat saat ini merupakan momen kebangkitan pariwisata setelah pulih dari masa Covid 19 harapanya potensi-potensi di Kabupaten Gunungkidul dapat ditingkatkan kembali Khususnya di Kalurahan Katongan dengan dua unggulan yaitu aloevera dan madu lanceng.

Kalurahan Katongan sebagai salah satu Desa Wisata berpartisipasi dalam penyelengaraan kegiatan tersebut dengan menampilkan Reog Turonggo Seto persembahan Karang Taruna Padukuhan Ngrandu. Reog tersebut merupakan kelompok seni andalan Kalurahan katongan dimana setiap even seperti gelar potensi budaya maupun wisata selalu mengisi acara. Sudjarwo selaku perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengapresiasi kepada kelompok Reog Turonggo Seto karena telah memberikan penampilan terbaiknya terbukti para pengunjung tumpah ruah menyaksikan penampilan reog dengan gembira. "ini merupakan magnet yang luar biasa nantinya akan di ceritakan kepada khalayak umum melalui foto dan video sehingga obyek wisata Gunungkidul kedepan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan" tutur Sudjarwo. 

Hal senada juga disampaikan Sugeng Aprianto sellaku Ketua Desa Wisata Katongan bahwa Kalurahan yang tidak memiliki obyek wisata pantai juga dapat berkontribusi memajukan wisata di Gunungkidul dengan menampilkan potensi wisata maupun budayanya. " Kalau Dinas Pariwisata menyelenggarakan even seperti ini maka UMKM kita akan bergerak endingnya peningkatan kesejahteraan masyarakat baik pelaku seni maupun pelaku UMKM " Kata Sugeng.

Para pengisi acara menyambut baik kegiatan tersebut dengan harapan kedepan dapat dilaksanakan kembali sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan wisata di Kabupaten Gunungkidul.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar