Desa Prima Sekar Kedhaton, Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dari Lingkup Terkecil

Wawan Gunarjo 29 November 2023 09:08:12 WIB

KATONGAN - Katongan merupakan salah satu kalurahan yang mempunyai program desa dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah kalurahan. Desa Prima Sekar Kedhaton, secara aktif melibatkan perempuan Kalurahan Katongan untuk mandiri dan berdikari disektor peningkatan produktivitas ekonomi.

Sebagai tindak lanjut dari upaya ini dilakukan pembinaan kepada anggota untuk meningkatkan kapasitas di Balai Kalurahan  Katongan (Selasa, 28/11/2023). Hadir dalam kesempatan tersebut Pendamping dari DPMKPPKB Kabupaten Gunungkidul, Lurah Katongan dan perwakilan dari pengurus desa prima se-Kabupaten Gunungkidul.

Menurut Ketua Desa Prima Katongan Suprapti, Desa Prima Sekar Kedhaton memiliki peran yang sangat besar bagi perkembangan mereka, mulai dari pembelajaran berorganisasi, bermusyawarah, pendampingan usaha, pinjaman modal usaha dengan bunga yang ringan, penguasaan cara dasar pemasaran konvensional maupun online, fasilitasi pemasaran produk melalui event, penambahan jejaring ilmu, pengalaman dan relasi, sampai dengan saling mendukung produk usaha antar anggota. “Dengan terbangunnya wawasan ekonomi serta motivasi anggota untuk maju dan mandiri, memperkuat hakikat Desa sebagai wujud pemberdayaan ekonomi perempuan, bahwa perempuan mampu menempatkan perannya dalam pembangunan mulai dari lingkup yang terkecil”. Ungkap Suprapti

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar